RS PKU MUHAMMADIYAH

SURAKARTA

Memiliki bentuk tubuh yang ideal merupakan impian bagi setiap wanita, baik itu wanita dewasa maupun remaja. Pasalnya, istilah menarik disini dikonstruksikan sebagai bentuk tubuh yang ramping atau tidak gemuk. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang langsing. Mulai dari menjalankan pola hidup yang sehat seperti olahraga teratur dan mengatur pola makan yang sehat hingga menggunakan cara-cara yang instan dan terkesan ekstrim. Yang dikhawatirkan adalah jika para wanita mengupayakan cara-cara instan yang cenderung membahayakan bagi kesehatan mereka. Seperti meminum obat penghilang lemak atau pelangsing dalam kurun waktu yang singkat. Ini justru menjadikan seseorang terjangkit kelainan atau dalam istilah ilmu psikologi disebut anoreksia nervosa. Seperti yang diungkapkan oleh Psikologi RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Fitria Sari Budiningtyas, S.Psi.MM, anoreksia nervosa menjadi masalah kesehatan dimana pengidapnya terobsesi untuk memiliki tubuh kurus. Biasanya orang tersebut akan sangat ketakutan jika diri mereka terlihat gemuk.

Beberapa gejala kelainan psikologis yang menyerang penderitanya adalah seperti penurunan berat badan yang signifikan (tampak kurus), menimbang berat badan hampir setiap saat, terlalu sering “mengoreksi” bentuk tubuh didepan cermin, memperhitungkan jumlah kandungan yang ada dalam makanan, bahkan memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan. Hal ini menyebabkan di penderita tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup sehingga tubuh menjadi kurus.

Tidak jarang para wanita selalu merasa dirinya over size (gemuk) meski sebenarnya mereka tidak memiliki berat badan yang terlalu berlebihan dan masih dalam ukuran yang sewajarnya. Untuk menghindari kegemukan mereka bahkan mengurangi makan dan melakukan aktivitas olahraga secara berlebihan sehingga terjadi ketidakseimbangan antara energi yang masuk dalam tubuh dengan energi yang dikeluarkan melalui aktivitas berat olahraga.

Beberapa wanita tak segan mengkonsumsi obat penahan nafsu makan, demi melancarkan proses diet nya. Karena bagi mereka bentuk tubuh berkaitan dengan harga diri yang harus dijaga keindahannya. Terlihat jelas bahwa ketakutan ini bukan merupakan masalah yang terkait dengan kesehatan fisik saja namun berkaitan pula dengan masalah psikologi.

Kebiasaan buruk yang dilakukan para wanita dalam mencapai bentuk tubuh yang ideal justru menimbulkan banyak dampak negatif bagi kesehatannya. Dampak tersebut bisa dirasakan dalam jangka waktu pendek seperti sakit kepala dan pusing, kembung, kelelahan, demam, dehidrasi, tekanan darah rendah, hingga detak jantung yang tidak teratur. Adapun dampak yang dirasakan dalam jangka waktu panjang yang paling membahayakan bagi penderitanya yaitu timbulnya masalah organ dalam.

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal tidaklah harus dengan cara mengecilkan bentuk tubuh atau merampingkan badan yang gemuk, apalagi dengan usaha yang cukup ngeri jika dilakukan. Karena sangat mustahil mendapatkan tubuh yang langsing dalam jangka waktu hitungan hari. Cukup dengan mengatur pola hidup sehat dan seimbang, olahraga teratur dan selalu bersyukur. Karena langsing butuh proses.

(Sumber : Fitria Sari Budiningtyas, Joglosemar)

Berita Terbaru

BEST BRAND UNTUK KATEGORI R…

BEST BRAND UNTUK KATEGORI RUMAH SAKIT SWASTA

Solo,...

Read more

PENYERAHAN AMBULANCE CSR BA…

PENYERAHAN AMBULANCE CSR BANK SYARIAH MANDIRI

Bant...

Read more

Link Partner

banner1

banner2

banner3

Denah Lokasi

Jl. Ronggowarsito 130
Surakarta 57131

Artikel Kesehatan

Galeri Foto