RS PKU MUHAMMADIYAH

SURAKARTA

Belakangan ini kita sering mendengar berita mengenai kasus anak-anak yang mengalami keracunan akibat mengkonsumsi jajanan yang dijual di sekolah. Hal ini tentu membuat para masyarakat khususnya para orang tua merasa khawatir akan kebiasaan jajan anaknya saat berada di sekolah. Apalagi belakangan ini juga banyak bermunculan jajanan anak dengan bentuk lucu, unik serta warna yang mencolok yang membuat anak-anak menjadi lebih tertarik untuk membelinya. Padahal tampilan yang menarik tidak menjamin bahwa jajanan tersebut aman dan bahkan layak untuk dikonsumsi.

Jajanan tersebut tak jarang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya baik itu dalam bentuk pewarna maupun pengawet yang dapat menyebabkan keracunan atau menimbulkan penyakit berbahaya lainnya jika dikonsumsi secara terus-menerus. Tak hanya bahan kimia yang dapat “meracuni” jajanan anak, terdapat pula kuman-kuman yang dapat mencemari jajanan tersebut jika jajanan tidak dibuat dan disimpan dengan cara yang benar. Misalnya kuman Bacillus Cereus yang tumbuh pada bahan makanan seperti beras, puding dan saus yang jika termakan dapat menyebabkan mual, muntah hingga diare.

Ada pula kuman yang lebih berbahaya seperti kuman Colistridium Botulinium yang dapat berubah menjadi racun yang biasanya tumbuh pada daging dan ikan. Racun dari kuman ini dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan, misalnya dengan gejala awal penglihatan menjadi ganda, gangguan saraf hingga kelumpuhan dan yang paling fatal adalah kematian karena lumpuhnya saluran pernafasan. Untungnya, kuman Colistridium Botulinium ini akan mati jika dipanaskan, oleh karena itu kita harus memastikan makanan yang akan dikonsumsi telah dimasak secara benar dan matang sempurna.

Untuk menghindari adanya bahaya biologis, kimia maupun benda lainnya, ada kiat-kiat untuk memilih jajanan sehat seperti yang dijelaskan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Langkah yang pertama menurut Ratna yaitu belilah makanan dari tempat berjualan yang bersih, jauh dari tempat pembuangan sampah, terhindar dari sinar matahari, debu, hujan dan angin. Selain itu makanan yang dijual juga diletakkan di atas meja (tidak diletakkan di atas tanah/lantai dan hanya dilapisi plastik) dan makanan selalu ditutup untuk menghindari debu dan serangga.

Langkah yang kedua yaitu belilah makanan dari penjual yang sehat dan bersih. Penjual tidak sakit, tidak memiliki luka yang dibiarkan terbuka, kuku tangan bersih, serta pakaian yang digunakan juga bersih. Disamping itu, penjual juga tidak berjualan sambil merokok, meludah atau memegang bagian-bagian tubuhnya misal rambut, hidung, mata dan lainnya. “Jika penjual sehabis melakukan kontak dengan bagian tubuhnya, maka penjual harus mencuci tangannya terlebih dahulu dengan air bersih yang mengalir dan ssat mengambil makanan sebaiknya juga menggunakan alat bantu seperti penjepit jangan menggunakan tangan secara langsung” tutur Ratna.

Langkah selanjutnya adalah kita harus memastikan bahwa makanan tersebut telah dimasak dan matang sempurna. Tempat yang digunakan untuk memasak, menyajikan dan menyimpan makanan juga harus bersih dan selalu diganti. Saat membeli makanan yang disajikan panas seperti soto maupun yang disajikan dingin seperti es buah kita harus memastikan bahwa makanan tersebut baru diracik saat akan dikonsumsi (tidak disimpan). Makanan juga sebaiknya segera dikonsumsi setelah disajikan.

Langkah keempat adalah mengkonsumsi makanan dengan benar, misal buah dan sayur yang mentah harus dicuci bersih terlebih dahulu. Jangan pula membeli makanan yang bertekstur keras, terlalu kenyal dan gosong maupun makanan yang telah basi dan berlendir. Langkah terakhir adalah dengan tidak membeli makanan yang dibungkus dengan menggunakan koran atau kertas bekas dan pastikan juga bahwa makanan tersebut terhindar dari rambut, pecahan kaca, kerikil dan stapler.

(Sumber: Ratna Wardatun, S.Gz, JOGLOSEMAR)

Berita Terbaru

BEST BRAND UNTUK KATEGORI R…

BEST BRAND UNTUK KATEGORI RUMAH SAKIT SWASTA

Solo,...

Read more

PENYERAHAN AMBULANCE CSR BA…

PENYERAHAN AMBULANCE CSR BANK SYARIAH MANDIRI

Bant...

Read more

Link Partner

banner1

banner2

banner3

Denah Lokasi

Jl. Ronggowarsito 130
Surakarta 57131

Artikel Kesehatan

Galeri Foto