RS PKU MUHAMMADIYAH

SURAKARTA

You are here:

Apa itu Sleep Apnea? Sleep apnea artinya tidak bernapas saat tidur. Secara umum sleep apnea adalah kondisi henti nafas saat tidur. Jika kondisi tersebut dibiarkan hingga kronis dapat menyebabkan seseorang berhenti bernafas dan berakhir dengan kematian.

Ada dua kondisi penyakit sleep apnea atau berhenti nafas saat tidur:

  1. Sleep apnea terpusat, yakni henti nafas karena otak gagal mengirim sinyal pada otot di saluran nafas untuk segera bernafas. Kegagalan ini dikarenakan ketidakstabilan di sistem pernafasan.
  2. Gangguan henti nafas saat tidur penghambat, yakni jaringan lunak yang terletak di bagian belakang tenggorokan meluruh atau jatuh dan menghalangi saluran nafas selama tidur.

Gejala umum penderita sleep apnea adalah mendengkur saat tidur. Seseorang yang tidur mendengkur dan tiba-tiba dengkuranya tidak teratur dan berhenti disertai terengah-enggah yang membuat penderitanya terbangun dari tidur. Gejala lainya yang dilansir docdoc.com, penderita sleep apnea akan merasakan kantuk di siang hari, merasa kurang energi karena tidurnya tidak nyenyak, sering gelisah saat tidur, sakit kepala terutama saat bangun tidur di pagi hari, sakit tenggorokan saat bangun tidur, ingatan yang buruk, perubahan suasana hati, insomnia, terbangun berkali-kali di tengah malam, dan menurunnya ketertarikan seksual.

Seringkali penderita tidak menyadari gangguan tersebut. Dilansir dari docdoc.com sleep apnea terjadi dalam beberapa detik hingga beberapa menit. Bahkan dapat terjadi hingga 30 kali dalam rentan satu jam. Jika kondisi sleep apnea berlangsung dalam kurun waktu lama dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti hipertensi, gagal jantung, serangan jantung, stroke, diabetes, sakit kepala, dan depresi.

Gangguan sleep apnea tidak memandang usia. Apabila terdapat gejala sleep apnea, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk tes sejauh mana tingkat keparahan sleep apnea. Apakah ringan, sedang, atau berat. Perhatian orang terdekat dan keluarga sangat penting agar sleep apnea tidak berakhir pada kematian.

Sumber: dr. Ayu Marganing Utami. Waspadai Henti Napas Saat Tidur. Solopos

Berita Terbaru

BEST BRAND UNTUK KATEGORI R…

BEST BRAND UNTUK KATEGORI RUMAH SAKIT SWASTA

Solo,...

Read more

PENYERAHAN AMBULANCE CSR BA…

PENYERAHAN AMBULANCE CSR BANK SYARIAH MANDIRI

Bant...

Read more

Link Partner

banner1

banner2

banner3

Denah Lokasi

Jl. Ronggowarsito 130
Surakarta 57131

Artikel Kesehatan

Galeri Foto